Sabtu, 13 Desember 2014

Menghitung Jam Kerja Dengan Excel

Kembali kita belajr rumus-rumus excel untuk membantu meringankan pekerjaan sehari hari. Kalau kita belom sempat ikut kursus komputer terutama program excel, jangan kuwatir, materi-materi disini juga cukup lumayan bagus. Kali ini kita belajar rumus Excel untuk menghitung jam kerja berdasarkan shift.

Bagi sebagian perusahaan jam kerja merupakan salah satu peran penting dalam menentukan lamanya kerja seorang pegawai, Jam kerjanya pun ada yang memakai sistem Shift atau pembagian waktu kerja agar jam kerja pegawai dapat termenej dengan baik. Maka dari itu, pada kesempatan ini akan mencoba menghitung Jam Kerja Berdasarkan Shift dengan bantuan Microsoft Excel.
Terlebih dahulu siapkan lembar kerja Excel dan buat tabel datanya sebagai berikut.
Langkah pertama cara menghitung jam kerja shift dengan rumus microsoft excel
Pada tabel jam kerja terdiri dari jam masuk dan jam keluar berdasarkan Shift I dan shift II, lalu tabel Istirahat I (Shift I) dan istirahat II (Shift II) masing-masing diberikan waktu setengah jam saja, Sekarang akan berfokus pada tabel jumlah jam kerja berdasarkan shift, disana telah tersedia data nama, shift kerja, jam masuk, dan jam keluar.
Mengisi kolom Masuk bagian status sel E11 atau khusus shift I. caranya masukan rumus berikut.
=IF(C11=”I”,IF(D11>C4,”Telat”,”Ok”),IF(D11>D4,”Telat”,”Ok”))
Dan untuk mengisi status khusus Shift II sel E14, rumusnya sebagai berikut.
=IF(C14=”II”,IF(D14>C5,”Telat”,”Ok”),IF(D14>D5,”Telat”,”Ok”))
Selanjutnya untuk mengisi kolom Keluar bagian status pada sel G11, masukan rumus berikut.
=IF(C11=”I”,IF(F11>C4,”Pulang Awal”,”Ok”),IF(F11<D4,”Pulang Awal”,”Ok”))
Dan untuk status keluar khusus Shift II sel G14, masukan rumus berikut.
=IF(C11=”II”,IF(F11>C5,”Pulang Awal”,”Ok”),IF(F11<D5,”Pulang Awal”,”Ok”))
Setelah rumus diatas dimasukan semua ke kolom yang kosong, maka hasilnya sebagai berikut.
Langkah kedua cara menghitung jam kerja shift dengan rumus microsoft excel
Dari keterangan status diatas, pada jam masuk jika pegawai masuk tepat jam 8:00 maka statusnya OK atau tepat waktu, tetapi jika pegawai masuk melebihi jam 8:00 maka statusnya telat. Begitu pun berlaku untuk status di jam keluar.
Selanjutnya untuk mengisi kolom Jumlah Jam pada sel H11, masukan rumus =F11-D11-I4 khusus shift I dan  untuk shift II pada sel H14 masukan rumus =F14-D14-I5.
Langkah ketiga cara menghitung jam kerja shift dengan rumus microsoft excel
Maka jumlah jam pegawai sudah di dapat, tentunya dengan adanya tabel penghitungan jumlah jam kerja dapat membantu menentukan prestasi pegawai, jika pegawai bekerja dengan tepat waktu, kemungkinan pegawai akan menyandang predikat pegawai teladan. Hebat bukan? Semoga sukses selalu

Tidak ada komentar: