Sabtu, 13 Desember 2014

Mengatur Nomor Urut Pada Excel

Di dalam salah satu postingan kami terdapat bahasan tentang mengatur nomor urut dengan rumus microsoft excel yang penerapannya sesuai dengan data yang ada. Kali ini kami akan melanjutkan pembahasannya mengenai pengaturan penomoran yang tidak berurutan, maksudnya nomor urut itu akan muncul dengan tidak berurutan sesuai data, kalau datanya urut nomor itu akan urut tetapi jika datanya tidak urut maka nomor yang muncul juga tidak urut.
Coba lihat data di bawah ini;
Gambar 1 pengaturan nomor urut
Data di atas sengaja kami tulis tidak runtut (loncat-loncat) dan untuk menampilkan nomor urut yang belum ada (yang diberi tanda tanya), maka diperlukan rumus/fungsi excel untuk memunculkannya.
Untuk kasus data di atas, yang akan kita munculkan adalah nomor urut yang tidak berurutan/runtut
Mari kita masukkan dulu fungsi yang dibutuhkan dan selanjutnya lihat hasilnya.
Tulis rumus pada cell A4
=IF(B4=”",”",ROWS($B$5:B5))
Dan lihat hasilnya sebagai berikut;
Gambar 2 pengaturan nomor urut
Sekali lagi nomor urut akan muncul jika ada datanya, jika datanya tidak urut maka nomor urut juga tidak urut sebagaimana gambar di atas.
Bandingkan dengan materi Mengatur Nomor Urut dengan Rumus Excel sebagai salah satu contoh penggunaan rumus if sebelumnya.
Demikian pengaturan nomor urut semoga bermanfaat, dan mempermudah kita dalam mengerjakan tugas atau pekerjaan kita sehari-hari.
Selamat mencoba.

Tidak ada komentar: