Sabtu, 31 Maret 2012

Kumpulan Sofware Islami


Aplikasi Islam


Qur'an

Berikut Ini Adalah Beberapa Aplikasi Java Untuk Handphone, Yang Berisi Tentang Ajaran-Ajaran Islam..

Hadits 40 (25kb)

Terjemah 40 Hadits Pilihan Yang Diriwayatkan Oleh Imam-Imam Ahli Hadits Yang Terpercaya, Yang Berisi Tentang Adab Dan Tuntunan Dalam Islam..

Juz 30 (34kb)

Terjemah Dari Al Qur'an Juz Terakhir..

Pocket Quran (313kb)

Al Qur'an Teks Huruf Arab Lengkap, 30 Juz, 114 Surat..

Pray (55kb)

Kumpulan Beberapa Do'a-Do'a Yang Diambil Dari Al Qur'an..

Qur'an Reader Pro ID (771kb)

Al Qur'an Dengan Teks Huruf Arab Dan Terjemah Dalam Bahasa Indonesia Lengkap, 30 Juz, 114 Surat..

Zakat Calculator (89kb)

Penghitung Nilai Zakat Mal Yang Jatuh Tempo Dalam Satu Tahun..

Semoga Bermanfaat Dan Menambah Kualitas Keimanan Dan Keislaman..
By.Kang Mass
 
 

Muhasabah: Aplikasi Islami untuk Evaluasi dan Koreksi Diri Ala Muslim

Bagi seorang muslim termasuk orang yang beruntung adalah jika hari ini berjalan lebih baik dari hari kemarin. Demikian Rasulullah Muhammad Saw mengamanatkan kepada umatnya. Dalam perjalanan hidup mengamalkan Islam sudah tentu ada saat menoleh ke belakang untuk melihat napak tilas dan jejak rekam yang telah diperbuat. Oleh karena itu diperlukan sebuah perenungan mendalam (muhasabah) diperlukan untuk melakukan evaluasi dan sekaligus koreksi diri. Untuk kepentingan ini maka sebuah aplikasi menarik untuk Muhasabah ini mungkin bisa memenuhi kebutuhan.
Muhasabah sebenarnya bukan sebuah software, melainkan sebuah aplikasi sederhana yang dibuat dengan menggunakan program office MS Excel. Aplikasi Islami ini telah menyertakan sejumlah petunjuk yang memadai dan mudah digunakan oleh user terutama yang berbahasa Indonesia. Anda tinggal mengisikan angka 1 (satu) pada kolom kriteria yang sesuai dengan kepribadian anda. Sudah tentu untuk mendapatkan hasil yang  memuaskan, anda harus jujur dalam mengisi form yang disediakan sesuai dengan kecenderungan yang anda miliki.
Setelah semua form terisi, maka aplikasi berbasis Excel ini akan menghitung prosentase score anda berdasarkan kriteria kemauan menjalankan kewajiban, meninggalkan keharaman, dan sekaligus menilai persentase ketakwaan anda. Tentu saja, penilaian dengan cara seperti ini tidak sepenuhnya memenuhi standar yang kita harapkan. Sebab, masalah ketakwaan adalah urusan kita dengan Allah swt. Namun demikian dalam hal evaluasi dan koreksi diri yang bersifat personal, dalam beberapa sudut pandang, aplikasi Muhasabah ini cukup membantu. 

 



Qronis : Latihan Baca Huruf Arab Secara Interaktif

Iqra’ merupakan salah satu metode yang cukup terkenal dalam pembelajaran membaca Al Quran. Belajar membaca Al Quran dengan Iqra’ tentu lebih menyenangkan apabila dilakukan secara interaktif. Untuk menjembatani kebutuhan ini 5 orang Mahasiswa STT Telkom Bandung telah mengembangkan aplikasi Qronis. Qronis adalah kependekan dari Iqro Animasi.  Jadi, software ini menggabungkan antara metode Iqra dan animasi.
Metode yang digunakan dalam Qronis terdiri tahap pengenalan huruf, memahami tanda-tanda baca (fathah , kasroh, dhommah) dan tahap terakhir merangkai huruf hijaiyah serta melafalkannya.
Aplikasi ini cukup membantu untuk belajar membaca huruf Arab secara interaktif. Sesuai untuk anak-anak hingga usia dewasa. Termasuk diantaranya bagi user yang terdiri dari guru dan santri Taman Pendidikan Al Quran (TPA) serta kalangan yang berkepentingan lainnya.


Tajwid : Software Bantu Latihan Membaca Al Quran Secara Benar

Pengin bacaan Al Quran anda benar ? Penguasaan Ilmu Tajwid mutlak diperlukan dalam hal ini. Ilmu Tajwid adalah pengetahuan tentang kaidah serta cara membaca Al Quran secara benar. Dengan ilmu Tajwid kita bisa memelihara lisan dari kesalahan membaca.

Sebuah Software Tajwid yang dibuat dengan menggunakan pemrograman flash dapat memenuhi kebutuhan anda. Software Tajwid ini dirancang secara interaktif dan menyediakan fungsi suara. Adanya contoh bacaan memudahkan penggunaan kaidah tajwid dalam penerapannya.
Software Tajwid ini memang belum memiliki fungsi secara lengkap untuk menunjukkan keseluruhan hukum-hukum ilmu tajwid. Meskipun demikian sebagai software bantu, aplikasi ini relatif cukup untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran tajwid pada level dasar.


Faroidh : Software Bantu Perhitungan Warisan

Urusan harta pusaka memang rumit dan tidak jarang menimbulkan konflik. Islam memiliki solusi terhadap hal ini. Pembagian warisan dalam Islam bukan sekedar persoalan membagikan harta  peninggalan hingga habis kepada ahli waris. Namun juga membagi harta sesuai dengan kecenderungan fithrah manusia dalam memposisikan harta.

Dalam Islam, ilmu untuk membagi warisan ini biasanya disebut Faroidh. Ilmu faroidh merupakan ilmu penting dalam Islam. Meskipun demikian banyak dilupakan oleh umat Islam sendiri. Adanya software Faroidh dalam blog ini mudah-mudahan cukup membantu dalam mempelajari ilmu tersebut.

CATATAN : Software ini hanya sekedar sebagai alat pembelajaran saja. Dalam beberapa kasus penggunaan software ini tidak cukup akurat. Oleh karena itu untuk kehati-hatian, sebaiknya kita juga memiliki pengetahuan tentang Ilmu Faraidh. Dengan demikian lebih selamat dan terhindar dari kekeliruan.

Pasword: agung



TAFSIR AL-QURAN: Software Al Quran dan Terjemahannya Untuk Ponsel

Handphone merupakan salah satu media portable yang secara praktis bersifat mobile. Media ini relatif ringan sehingga bisa dibawa kemanapun dan akrab dengan kehidupan kita sehari-hari. Piranti ini juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana pembelajaran dan memperbanyak dzikir kita kepada Allah dengan membaca kitab suci. Salah satu software yang memampukan anda untuk membaca dan mempelajari Al Quran melalui telepon seluler adalah Tafsir Al-Quran. Software dibuat dengan Bahasa pemrograman Java sehingga hanya dapat berjalan diponsel yang berbasis Java.
Dengan menggunakan aplikasi Tafsir Al-Quran, pengguna dapat membaca Al Quran dalam huruf Arabic dan sekaligus mempelajari terjemahannya dalam Bahasa Indonesia. Selain itu dengan melakukan penelusuran terhadap [Menu]-> [Read Tafsir], pengguna akan dihadapkan dengan tafsir sejumlah ayat pilihan. Hanya saja penafsiran terhadap ayat-ayat tersebut masih menggunakan Bahasa Inggris.
Perlu dipahami bahwa terjemahan Al Quran itu sendiri hakikatnya juga merupakan tafsir. Mungkin berawal dari semangat inilah maka aplikasi Al Quran dan terjemahannya ini dinamakan Tafsir Al-Quran. Al Quran adalah kitab yang masih otentik dalam Bahasa aslinya. Hal ini berbeda dengan kitab-kitab yang dianggap suci dalam agama lain di seluruh dunia sekali pun.


Download Tafsir Al Quran (File Jar sekitar 846, 42 kb)




Arabic Before You Know It: Belajar Kosa Kata Bahasa Arab Secara Sederhana

Anda ingin belajar kosakata Bahasa Arab dengan mendengarkan suara dari native speaker? Program Arabic Before You Know It akan membantu anda untuk mewujudkan keinginan tersebut. Dalam program ini anda akan diperlihatkan pada sejumlah kata Bahasa Arab dan maknanya dalam Bahasa Inggris serta pelafalannya dengan menggunakan fasilitas audio. Terdapat sejumlah pilihan kriteria dan kategori yang hendak anda pelajari.
Aplikasi Arabic Before Yo Know It gratis buatan transparent ini juga dapat membantu anda menghafalkan sejumlah kosa kata sederhana. Program ini memang tidak memiliki fitur yang dibilang cukup lengkap dan powerfull, namun bagi pelajar pemula Bahasa Arab mungkin akan cukup membantu. Mencoba dahulu, tidak ada salahnya bukan?

Silakan Download Arabic Before You Know It
 
Selamat belajar semoga bermanfa'at di dunia dan akhirat

Tidak ada komentar: