Senin, 19 Maret 2012

Tutorial WORD 2007



PANDUAN PENGGUNAAN
MICROSOFT OFFICE WORD 2007

Microsoft Office Word 2007 merupakan program aplikasi pengolah kata (word processor) yang yang biasa digunakan untuk membuat laporan, dokumen berbentuk surat, brosur, table, dan masih banyak lagi dukumen-dokumen lain yang biasa dibuat dengan menggunakan Microsoft Office Word.
Microsoft Office Word 2007 merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yang mengalami banyak perubahan dan perbaikan, sehingga lebih fleksibel digunakan di masa kini. Microsof Office Word juga menyediakan fasilitas penuh terhadap apa yang kita perlukan. Dengan fasilitasnya yang lengkap lengkap ini telah menghantarkan Microsoft Office Word 2007 sebagai program aplikasi pengolah kata yang mutakhir saat ini.
Berbeda dari versi sebelumnya seperti seperti Word 2000, XP dan 2003, Word 2007 tidak lagi menyediakan menu bar dengan pull downnya beserta toolbar-toolbar seperti formating, standar dan drawing, tetapi terdiri dari beberapa tab (lihat gambar 1.2) yang terdiri dari beberapa grup yang masing-masing grup terdiri dari beberapa perintah singkat/icon.

BAGIAN 1:
Mengenal Microsoft Office Word 2007
Pada bab ini akan diuraikan tentang perkenalan terhadap Microsoft Office Word 2007 seperti membuka dan menutup jendela Word 2007, menyimpan dan membuka file, membuat dokumen baru, mengenal jendela Word 2007 dan mengenal dasar pengetikan yang merupakan langkah awal yang benar-benar harus dikuasai dalam mempelajari Microsoft Office Word 2007.

1.1    Memulai Aplikasi Microsoft Office Word 2007
Untuk membuka Microsoft Word caranya adalah:
Ø     Klik Tombol Start yang ada di taskbar.
Ø        Pilih menu All Program dan muncul sejumlah 
        menu (gambar 1.1 a).
 Ø   Kemudian arahkan pointer ke Microsoft Office dan klik program aplikasi
       Microsoft Office Word 2007. Tunggu sampai jendela Microsoft Office Word 2007 ditampilkan.

Kita juga bisa membuka aplikasi Microsoft Office Word 2007 menggunakan shorchut di desktop dengan cara mengklik dua kali tombol mouse pada Microsoft Office Word 2007. Adapun untuk membuat shorchut tersebut adalah:
Ø  Klik Tombol Start yang ada di taskbar lalu pilih All Program
Ø  Sorot Microsoft Office dan klik kanan pada Icon Microsoft Office Word 2007.
Ø  Ketika muncul sejumlah menu (gambar 1.1 b), klik Send To dilanjutkan dengan mengklik Desktop (create shorchut).

1.2    Tampilan Jendela Microsoft Office Word 2007
Berikut adalah tampilan jendela Microsoft Office Word 2007:
Tombol Microsof Offic
Keterangan gambar 1.2:
Ø  Tombol Microsoft Office, hampir sama dengan menu file pada Microsoft Word versi sebelumnya (2000, XP, dan 2003). Berisi menu new, open, save, print, dan sebagainya.
Ø  Toolbar Quick Access, yang secara default toolbar ini menyediakan tombol Save, Undo, dan Repeat. Namun dapat ditambah dengan mengklik gambar panah (drop down) di ujung kanan toolbar ini                     dan tandai yang belum ditampilkan atau klik More Commands. Contohnya toolbar pada gambar 1.2.
Ø  Title bar, yang terletak paling atas pada jendela word. Title bar ini menampilkan nama dokumen yang sedang kita buka. Untuk dokumen yang belum disimpan/diberi nama maka Microsoft Word akan menampilkan file tersebut dengan nama Document 1, 2, 3 dan seterusnya.
Ø  Tombol Close, Tombol tersebut berfungsi menutup aplikasi Microsoft Word.
Ø  Ribbon, Berisi beberapa tab yang berisi beberapa group icon.
Ø  Scroll bars, Berfungsi untuk menggeser layar kerja. Jika ingin menggeser layar kerja ke kiri atau ke kanan gunakan horizontal scroll bar, atau menggeser layar kerja ke atas dan ke bawah gunakan vertical scroll bar.
Ø  Ruler, Bagian ini berfungsi sebagai alat bantu dalam penentuan margin (batas) dari lembar kerja, garis, tabulasi dan lain-lain.
Ø  Status bar, memberikan informasi tentang letak insertion point, halaman, section, jumlah halaman, dan bahasa yang digunakan.
Ø  Tombol View. Tombol ini berfungsi untuk merubah tampilan dokumen seperti print layout, fullscreen layout, web layout, out line dan draft.
Ø  Kontrol Zoom. Digunakan untuk menentukan ukuran tampilan lembar kerja di layar pada jendela word.

1.3    Membuat Dokumen Baru
Jika kita baru memulai mengoperasikan Microsoft Word, biasanya akan langsung ditampilkan dokumen kosong yang siap untuk ditulisi. Namun, jika komputer tidak secara otomatis menyediakan dokumen kosong, cara berikut ini bisa menjadi alternatif dalam membuat dokumen baru.







Ø  Klik tombol Microsoft Office      , lalu klik New
Ø  Maka keluar kotak dialog New (gambar 1.3).

 
Gambar 1.3
Ø  Pada kotak dialog new documen, di bawah menu Templates, terdapat beberapa pilihan seperti:
   Blank document, untuk dokumen yang kosong.
   Installed template untuk membuat dokumen dari bebera template yang disertakan dalam paket Microsoft Word.
   My Template untuk dokumen dari template buatan.
   New from existing untuk membuat dokumen dari bebera template yang terdapat pada file yang telah disimpan.
   Jika   komputer  yang   sedang   digunakan  terhubung   ke   internet,   kita juga   dapat menggunakan template yang disediakan pada Microsoft Office Online.
Ø  Jika sudah dipilih, klik Create.

Atau bisa juga menggunakan cara alternatif
Ø  Klik tombol New Document (       ) yang ada pada toolbar quick access (jika sudah dibuat).
Ø  Apabila pada toolbar Quick Acces belum terdapat icon file, klik gambar panah di ujung toolbar lalu klik (tandai) pada kata new.
Ø  Selain kedua alternatif di atas, bisa juga dengan langsung menekan tombol CTRL+N di keyboard, maka dokumen baru akan ditampilkan di layar.

1.4    Mengenal Dasar Pengetikan
Ada dua istilah dalam pengetikan taitu Insertion point dan kursor, perbedaanya terletak bentuknya. Kalau insertion point berupa garis tegak (I) yang berkedip-kedip terdapat pada aplikasi windows sedangkan kursor adalah garis rebah (-) yang berkedip-kedip yang terdapat pada aplikasi DOS. Insertion point berfungsi sebagai penunjuk lokasi tempat memulai pengetikan atau menandai teks. Agar kita bergerak dengan cepat dalam suatu dokumen yang besar, maka kita harus tahu apa saja perintah untuk menggeser insertion poin ini.
Tombol
Fungsi
Backspace
Menghapus satu karakter yang ada di sebelah kiri insertion point
Delete
Menghapus satu karakter yang ada di sebelah kanan insertion point
Enter
Membuat paragraf baru
←  →
Berpindah ke kanan atau ke kiri satu karakter tanpa menghapus karakter
↑ ↓
Berpindah ke atas atau ke bawah satu baris tanpa menghapus karakter
Ctrl + ←  ∕ →
Berpindah ke kanan atau ke kiri satu kata
Ctrl +
Berpindah ke atas atau ke bawah satu paragraph
Home
Berpindah ke awal baris
End
Berpindah ke akhir baris
Ctrl + Home
Berpindah ke awal dokumen
Ctrl + End
Berpindah ke akhir dokumen
Page Up
Berpindah ke atas satu layar
Page Down
Berpindah ke bawah satu layar
Ctrl + Page Up
Berpindah ke atas satu halaman
Ctrl + Page Down
Berpindah ke bawah satu halaman
 
1.5    Menyimpan Dokumen
Untuk pertama kalinya menyimpan dokumen yang baru saja kita buat ke bentuk file dokumen pada sistem Microsoft Office Word 2007 adalah:
Ø   Klik tombol Microsoft Office      ,  lalu klik Save As.  Sa      (atau tekan CTRL+S untuk perintah di key board atau juga icon      untuk di toolbar quick access).
Ø  Ketiganya akan menampilkan kotak dialog Save As (lihat Gambar 1.4).
 



Gambar 1.4

Ø  Pada pilihan Save in tentukan folder atau drive yang akan dijadikan tempat penyimpanan.
Ø  Ketikkan nama file dokumen pada kotak File name, lalu klik Save.
Catatan:
Ø  Untuk membuat folder baru klik
Ø  Untuk menentukan tampilan deretan file dokumen
Ø  Untuk kembali pada folder yang telah dibuka, klik
Ø  Untuk naik satu level ke folder diatasnya, klik

1.6    Menyimpan Setelah Melakukan Perubahan
Untuk menyimpan dokumen yang baru saja di rubah di file asalnya (file itu juga), caranya tinggal Klik tombol Microsoft Office      lalu klik Save        (atau tekan CTRL + S di key board).

1.7     Menyimpan Dokumen Dengan Nama Lain
Untuk menyimpan dokumen yang sudah di simpan   pada sistem Microsoft Office 2007, dan ingin disimpan dengan nama lain (tidak disatukan dengan dokumen asli), maka:
Ø  Klik tombol Microsoft Office * P, lalu klik Save as   *lSa \ (atau tekan F12 di key board).
Ø  Keduanya akan menampilkan kotak dialog Save As (Gambar 1.4). Ketikkan nama file dokumen baru (tidak boleh sama dengan nama sebelumnya) pada kotak file name, lalu klik Save.

1.8     Menyimpan Dokumen Ke Format Lain.
Secara default, Microsof Word 2007 memiliki ektensi (akhiran) docx. Untuk menyimpan dokumen yang baru saja kita buat pada sistem Microsoft Office 2007 ke format lain caranya:
Ø  Klik tombol Microsoft Office W,  lalu klik Save as. (atau tekan F12 di key board). Maka muncul kotak dialiog Save As (Gambar 1.4).
Ø  Pada pilihan save in tentukan folder atau drive yang akan dijadikan tempat penyimpanan.
Ø  Pada kotak File name, masukan nama baru (jika namanya ingin dirubah).
Ø  Pada pilihan Save as type, klik format file dokumen yang diinginkan.
Ø  Klik Save.

1.9   Membuka Dokumen
Untuk membuka file dokumen yang telah kita simpan langkah-langkahnya:
Ø  Klik tombol Microsoft Office         lalu klik Open           (tekan CTRL+O di key. board).
Ø  Keduanya akan menampilkan kotak dialog open (lihat Gambar 1.5).


 
Gambar 1.5
Ø  Pada pilihan Look in tentukan folder atau drive yang dijadikan tempat penyimpanan.
Ø  Pada pilihan File of type, klik format file dokumen yang dimaksud.
Ø  Pada Deretan file atau folder yang ada, klik file yang akan dibuka. Jika file terdapat pada folder, maka folder tersebut harus dibuka dengan cara double klik pada folder tersebut.
Ø  Klik Open.

1.10 Menutup Dokumen Pada Microsoft Office Word 2007
Untuk menutup dokumen pada Microsoft Office Word 2007 langkah-langkahnya sebagai berikut:
Ø  Klik tombol Microsoft Office
Ø  Klik close yang berada paling bawah deretan menu "             ' atau tekan (CTRL + W di key board).

Catatan:
Apabila muncul pertanyaan seperti pada Gambar 1.6, itu tandanya bahwa dokumen yang kita kerjakan belum disimpan baik dokumen baru maupun dokumen lama yang telah dirubah. Terdapat tiga tombol yaitu:
Ø  Yes untuk menyimpan dokumen/file ke file dokumen baru (jika belum disimpan sebelumnya) atau ke dokumen lama (jika sudah disimpan sebelumnya). Jika yang dibuka file dokumen lama, maka segala macam bentuk perubahan akan disimpan pada file dokumen tersebut.
Ø  No untuk keluar dan abaikan penyimpanan
Ø  Cancel untuk membatalkan perintah keluar.
 



Gambar 1.6

1.11 Mengakhiri Microsoft Office Word 2007
Untuk mengakhiri Microsoft Office Word 2007 langkah-langkahnya sebagai berikut:
Ø  Klik tombol Microsoft Office
Ø  Klik Exit Word                    yang berada di sudut kanan bawah deretan menu atau tekan saja ALT + F4 di key board.
Ø  Atau dapat juga dengan menekan tombol close di sudut kanan atas

Tidak ada komentar: